selamat datang di blog saya

Jumat, 22 Juni 2012

Tanggung jawab sosial dan Etika manajemen

Tanggung jawab sosial pada perusahaan
       Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk tanggung jawab sosial lain. Sebagai bagian dari masyarakat, maka organisasi bisnis perlu memiliki tanggung jawab bahwakegiatan yang dilakukannya membawa kea rah perbaikan lingkungan masyarakat pada umumnya, dan bukan sebaliknya.Sebagai contoh, perusahaan yang membuang limbah sembarangan pada dasarnya kurang bertanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat.Dengan demikian, sudah semestinya organisasi bisnis atau perusahaan perlu menyadari bahwa dirinya memiliki apa yang dinamakan tanggung jawab sosial.tanggung jawab social ini dapat berupa tanggung jawab kebersihan, dan kesehatan lingkungan, keadaan ekonomi masyarakat pada umumnya , partisipasi perusahhan dalam pembangunan lingkungan dan sebagainya. Terdapat dua pandangan tentang kepada siapa organisasi bertanggung jawab social, yaitu sebagai berikut : 1. Model Pemegang saham (Shareholder) Pandangan tentang tanggung jawab social yang menyebutkan bahwa sasaran organisasi yang utama adalah memaksimalkan keuntungan bagi manfaat para pemegang saham. Lebih spesifik lagi, apabila keuntungan meningkat, maka nilai saham perusahaan yang dimiliki oleh pemegang saham akan meningkat juga. 2. Model Pihak yang berkepentingan (Stakeholder) Teori tentang tanggung jawab social perusahaan yang mengatakan bahwa tanggung jawab manajemen yang terpenting, kelangsungan hidup jangka panjang (bukan hanya memaksimalkan laba), dicapai dengan memuaskan keinginan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan (bukan hanya pemegang saham).

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility  adalah bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan eksternal perusahaan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka penjagaan lingkungan, norma masyarakat, partisipasi pembangunan, serta berbagai bentuk
tanggung jawab sosial lain.
Sebagai bagian dari masyarakat, maka organisasi bisnis perlu memiliki tanggung jawab bahwakegiatan yang dilakukannya membawa kea rah perbaikan lingkungan masyarakat pada umumnya, dan bukan sebaliknya.Sebagai contoh, perusahaan yang membuang limbah sembarangan pada dasarnya kurang bertanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat.Dengan demikian, sudah semestinya organisasi bisnis atau perusahaan perlu menyadari bahwa dirinya memiliki apa yang dinamakan tanggung jawab sosial.tanggung jawab social ini dapat berupa tanggung jawab kebersihan, dan kesehatan lingkungan, keadaan ekonomi masyarakat pada umumnya , partisipasi perusahhan dalam pembangunan lingkungan dan sebagainya.
Terdapat dua pandangan tentang kepada siapa organisasi bertanggung jawab
social, yaitu sebagai berikut :
1.      Model Pemegang saham (Shareholder)
Pandangan tentang tanggung jawab social yang menyebutkan bahwa sasaran organisasi yang utama adalah memaksimalkan keuntungan bagi manfaat para pemegang saham. Lebih spesifik lagi, apabila keuntungan meningkat, maka nilai saham perusahaan yang dimiliki oleh pemegang saham akan meningkat juga.
2. Model Pihak yang berkepentingan (Stakeholder)
Teori tentang tanggung jawab social perusahaan yang mengatakan bahwa tanggung jawab manajemen yang terpenting, kelangsungan hidup jangka panjang (bukan hanya memaksimalkan laba), dicapai dengan memuaskan keinginan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan (bukan hanya pemegang saham).


ETIKA MANAJEMEN
Moralitas seperti berkaitan dengan dunia pengelolaan bisnis umumnya dikenal sebagai etika manajemen. Meskipun setiap perusahaan memiliki standar etika yang berbeda, etika manajemen sebagian besar sama di setiap industri. Dalam banyak hal, jenis pemahaman etis ada sebagai kode tidak tertulis, walaupun dokumen etika literal juga ada.
Tujuan utama dari etika manajemen adalah untuk memperlakukan seluruh karyawan dan pelanggan adil dan adil. Hal ini diyakini bahwa dengan mengikuti kode moral dan etika, bisnis akan membaik. Ketika sebuah tim manajemen mematuhi etika manajemen, karyawan menjadi termotivasi dan lingkungan tempat kerja menjadi motivasi.
Ketika diterapkan untuk bisnis sehari-hari, bertindak secara etis berarti mengikuti hukum, bersaing dengan orang lain secara jujur, dan melakukan tugas sehari-hari tanpa ada unsur penipuan. Banyak perusahaan di seluruh dunia ditulis memperbarui kode etik sebagai akibat dari skandal korporasi masa lalu. Hal ini tidak biasa bagi perusahaan untuk memperbarui dokumen ini secara tahunan. Setelah kode etik dokumen telah diperbarui, setiap anggota staf harus membaca dan memahami dokumen. Selanjutnya, semua karyawan harus mematuhi kode etik diperbarui, dan mereka yang tidak mengikuti peraturan ini sering diberhentikan. Meskipun manajer harus mengikuti kode etik yang sama sebagai karyawan, individu-individu mempunyai kewajiban tambahan.
Hampir setiap keputusan yang dibuat setiap hari melibatkan suatu keputusan etis. Manajer harus mengingat hal ini setiap saat. Dengan menetapkan contoh etika yang baik bagi karyawan lainnya, manajer dengan mudah dapat mendorong semua karyawan untuk mengikuti etika yang sama. Beberapa perusahaan menawarkan kursus manajemen manajer etika yang harus diselesaikan sebelum penerimaan pekerjaan khusus.
Sering, manajer yang beralih perusahaan diminta untuk mengikuti kode yang berbeda perilaku. Ini tidak berarti bahwa semua etika manajemen lainnya harus dilupakan, tetapi ini berarti bahwa etika tambahan yang harus dipelajari. Etika tidak selalu dipertukarkan dari satu negara ke negara. Kadang-kadang, budaya yang berbeda menghormati aturan etika yang berbeda. Dengan demikian, setiap orang yang memutuskan untuk pindah ke negara lain mungkin harus beradaptasi dengan budaya, dan tempat kerja, perbedaan etika.
Jika Anda akan memulai pekerjaan baru, pastikan bahwa Anda tahu semua tentang kode etik perusahaan. Dengan mengikuti peraturan ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda akan bertindak sebagai etis bertanggung jawab mungkin. Dalam setiap cara, etika manajemen membantu untuk menjaga kegiatan pekerjaan sipil, hukum, dan moral.
etika manajemenetika manajemen adalahmanajemen dan etikaapa yang dimaksud dengan etika manajemenetika menejemenetika dan manajemenmanajemen etika





Tidak ada komentar:

Posting Komentar