selamat datang di blog saya

Jumat, 30 November 2012

Makalah PANCASILA

MAKALAH PANCASILA
Aktualisasi Pengamalan Pancasila dan UUD 1945 dalam Era Globalisasi



Nama        : ILHAM SAPUTRA
Npm           : 13411504
Kelas         : 2IB01

UNIVERSTAS GUNADARMA




AKTUALISASI PENGAMALAN PANCASILA DAN UUD 1945 DALAM ERA GLOBALISASI

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur penulis panjatkan ke hadirat allah SWT, yang telah memberikan karunia dan jalan kemudahan sehinga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini.
            Adapun tujuan dari penyusunan karya ilmiah ini adalah agar pembaca memahami pembelajaran Pendidikan Pancasila. Dalam penyusunan laporan ini berdasrkan Data-data, pengamatan, penelitian, pengetahuaan dari beberapa buku panduan serta hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila.
            Dalam penyelesaian karya ilmiah ini, penulis banyak mendapat bimbingan, bantuan, dukungan dan arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis banyak mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar besarnya kepada yang terhormat :

11.    Prof., Dr., E.S., Margianti., SE., MM., selaku rektor Universitas Gunadarma.
22.    Prof., Drs., Syahbuddin., MSc., Phd., selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma.
33.    Moesadin Malik, IR., M.SI., selaku Dosen Pendidikan Pancasila Universitas Gunadarma,
44.    Kedua orang tua yang telah memberikan bantuan moril maupun materil, dan
55.    Teman-teman mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Gunadarma, khususnya angkatan 2011.

Pada akhirnya penyusun menyadari, bahwa dalam menyusun laporankarya ilmiah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna, karena segala kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa sedangkan kekurangan adalah milik kita sebagai makhlukNya. Untuk itu, kekurangan yang ada akan menjadi sebuah pelajaran bagi penyusun, dan penyusun mengharapkan koreksi, berupa kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca, terutama pengoreksi, untuk perbaikan di masa yang akan datang.
Mudah-mudahan Karya Ilmiah yang telah penyusun sajikan ini dapat sangat bermanfaat, khususnya bagi penyusun sendiri dan umumnya bagi para pembaca serta mahasiswa Jurusan Teknik Industri. Karena pada akhirnya, kelak suatu kegiatan praktikum akan menjadi salah satu tonggak pembentukan kreatifitas mahasiswa.

Depok,  20  November  2012



Penyusun



i




DAFTAR ISI

Kata Pengantar …………………………………………………………………….             i
Daftar isi …………………………………………………………………………...             ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1       Pendahuluan ………………………………………………………............               1
1.2       Latar Belakang …………………………………………………………….              2
1.3       Maksud Dan tujuan …………………………………………………….....               3
1.4       Ruang Lingkup ……………………………………………………............               3
BAB II AKTUALISASI PENGAMALAN PANCASILA DAN UUD 1945
             DALAM ERA GLOBALISASI
2.1 Pengamalan Aktualisasi
            2.1.1 Kedudukan dan Fungsi Pancasila …………………………..............                 4
            2.1.2 Pancasila Sebagai Sistem Filsafat…………………………………...                 5
            2.1.3 Pancasila Sebagai Sistim Etika …………………………...................                 7
            2.1.4 Pancasila Sebagai Ideologi …………………………………….........                 8
2.2 Pembahasan UUD 1945
            2.2.1 Pengertian UUD 1945……………………………………………….                10
            2.2.2 Kedudukan UUd 1945 ……………………………………………..                 10
            2.2.3 Pembukaan UUD 1945 ………………………………….................                 10
            2.2.4 Batang Tubuh dan Penjelasan UUD 1945………………....................                11
            2.2.5 Hubungan Pokok-Pokok Pikiran Akhir dalam ……………………....                 11
2.3 Aktualisasi Diberbagai Bidang
            2.3.1 Bidang Politik ……………………………………………………….               12
            2.3.2 Bidang Ekonomi …………………………………………………….               13
            2.3.3 Bidang Sosial Budaya ………………………………………………                15
            2.3.4 Bidang Hukum ………………………………………………………               16
BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan …………………………………………………………….              18
            3.2 Saran …………………………………………………………………...             18
ii





DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN
           
            Mempelajari, memahami, dan menghayati Pancasila dengan keseluruhan nilai-nilainya, belumlah cukup karena hal tersebut hanya pada tatanan teoritas saja maka belum terlihat hasilnya oleh karena itu yang lebih penting kita harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
            Mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa ( Falsafat hidup Bangsa ) berarti melaksanakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menggunakan Pancasila sebagai petunjuk hidup sehari-hari agar hidup kita dapat mencapai kesejahteraan lahir dan batin.
            Didalam suatu Negara yang berdaulat, konstitusi merupakan kebutuhan utama untuk menjalankan pemerintahan dan penyelenggaraan Negara dengan baik, konstitusi merupakan pedoman bagi pelaksanaan tata kehidupan bernegara agar jalanya kehidupan bernegara memiliki arah yang pasti dan tidak timpang siul. Dengan demikian diharapkan adanya tatanan kehidupan yang serasi (harmonis) antara kehidupan kenegaraan dan masyarakat dalam Negara.
            Namun, dalam kehidupan sehari-hari itu meliputi bidang yang sangat luas dan selalu berkembang, maka dalam perakteknya penerapan Pancasila dan UUD 1945 kita harus mempunyai sikap mental, pola pikir, dan tingkah laku ( amal perbuatan ) yang konsekwen secara bulat, tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.
            Ilmu pengetahuan dan teknologi juga memunyai peranan penting dalam pembangunan nasional, dimana Bangsa Indonesia harus mampu mewujudkan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang maju. Tenaga yang memiliki kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan serta berkepribadian dan bermoral agar mampu bersaing dalam era Globalisasi.






1



1.1       Latar Belakang
1.   Landasan Historis
            Negara kesatuan Republik Indonesia terbentuk melalui proses yang panjang mulai dari zaman Kutai, Sriwijaya, Majapahit sampai Merdeka berkat perjuangan bangsa untuk menemukan jati dirinya yang merdeka berpandangan hidup serta filsafat hidup, didalamnya tersimpul ciri khas, sifat karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain.
Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan Nasional Pasal 39 (2) menyebutkan bahwa isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan sebelum dikeluarkan peraturan pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 pengganti peraturan pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 menetapkan pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan/ Pendidikan Kewiraan dalam kurikulum pendidikan tinggi sebagai mata kuliah wajib setiap program studi dan bersifat Nasional.

2.   Landasan Yuridis
a.    UU No 2 Tahun 1989 tentang system Pendidikan Nasional.
b.    Peraturan pemerintah No 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
c.    Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No 265/DIKTI/KEP/2000 Tanggal 10
       Agustus 2000 tentang penyempurnaan Garis Besar Proses Pembelajaran (GBPP) mata kuliah
       pengembangan kepribadian Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi Indonesia.
d.    Keputusan Mentri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000.

3.   Landasan Filosofis
a.    Memahami Pancasila Sebagai Sistim filsafat, etik, dan ideology.
b.    Memahami nilai Pancasila sebagai nilai dasar dan Dasar Negara.
c.    Nilai-nilai dasar Negara menjadi panduan atau mewarnai keyakinan serta serta pegangan hidup warga Negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
d.    Menambahkan wawasan dan kesadaran bernegara, serta sikap dan peilaku yang cinta tanah air bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.

2



1.2       Maksud Dan Tujuan
a.    Dapat memahami dan mampu melaksanakan jiwa Pancasila dan UUD 1945 dalam
       kehidupanya sebagai warga Negara Republik Indonesia.
b.    Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang beragam masalah dasar kehidupan
       bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatasi dengan penerapan
       pemikiran yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
c.    Memupuk Sikap dan prilaku yang sesuai dengan nilai norma Pancasila, sehingga
       mampu menanggapi perubahan yang terjadi dalam rangka keterpaduan IPTEK dan
       pembangunan.

1.3       Ruang Lingkup
            Aktualisasi pegamalan Pancasila dan UUD 1945 meliputi Pancasila dalam tingkat pengetahuan. Membahas kedudukan dan fungsi Pancasila, Pancasila sebagai sistem          filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, Pancasila sebagai ideology.
            Pembahasan UUD 1945 meliputi makna Dasar, kedudukan UUD 1945, batang      tubuh dan penjelasan UUD 1945.
Aktualisasi dibidang politik, bidang ekonomi, bidang sosial budaya, dan bidang hukum.













3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar