selamat datang di blog saya

Senin, 20 April 2015

PERKEMBANGAN GRAPHICS CARD

PERKEMBANGAN GRAPHICS CARD

Pernah nggak sih ngerasain laptop/pc kamu terasa lambat banget saat main game? atau terasa berat banget saat jalanin program video editor?
Kalo pernah, itu artinya pc/laptopmu memerlukan graphic card / vga card yang speknya lebih tinggi lagi.

Apasih graphic card itu?
Graphic card (kartu grafis) atau sering dikenal dengan VGA (Video Graphics Accelerator) merupakan standar tampilan komputer analog yang berfungsi sebagai pengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor.

General Processing Unit (GPU) pertama dibuat oleh IBM dengan nama IBM PC video card pada tahun 1981. Saat itu istilahnya MDA (Monochrome Display Adapter) dan hanya bisa beroperasi untuk text mode dengan ukuran 80 kolom 25 baris (80×25). Mempunyai video memory sebesar 4KB dan cuma mensupport 1 warna.


Setelah kemunculan MDA itulah kemudian bermunculan beberapa kartu grafik. Kesuksesan VGA menarik minat beberapa perusahaan seperti ATI, Cirrs Logic dan S3 untuk mengembangkan teknologi ini dengan meningkatkan kemampuan resolusi dan jumlah warna. Hal ini melahirkan teknologi resolusi standar SVGA (Super VGA) , dengan resolusi 1024×768, 256 warna dan memory 2MB.


Produsen kartu grafis yang banyak berada di pasaran saat ini adalah ATI dengan produknya Radeon, NVIDIA dengan produknya GeForce dan Intel.

Kartu grafis ini merupakan salah satu teknologi yang perkembangannya cukup pesat. Dapat dilihat dari awal munculnya kartu grafis tahun 1981 hingga sekarang ini, sudah banyak sekali seri-seri yang dikeluarkan oleh para produsen kartu grafis tersebut, yang tentunya dengan kualitas dan performa yang semakin canggih pula. Perkembangan kartu grafis ini dapat dilihat dari :
Kecepatannya, yang awalnya hanya 8 bit, sampai sekarang ada yang 512 bit.
Memorinya, dari yang hanya 64KB, sampai sekarang ada yang 12GB.
Tipenya, dari yang AGP, PCI, hingga PCI Express.
Jenis memorinya, dari SD RAM hingga GDDR.

Sebagai contoh kartu grafis milik NVIDIA, baru-baru ini mengeluarkan seri kartu grafis terbaru GeForce GTX Titan X dengan spesifikasi 12GB yang berjalan di memori GDDR5, kecepatan 384 bit memory bus, PCI Express 3.0 bus support, maximum digital resolution 5120x3200, maximum VGA resolution 2048x1536.



(Untuk lebih lengkapnya bisa klik di sini.)


Dengan spesifikasi tersebut, TITAN X siap memanjakan para gamer dengan pengalaman gaming terbaik diresolusi Ultra HD/4K atau saat menggunakan perangkat VR (Virtual Reality).
Sumber artikel: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar